LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Jln. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta 55281 Telp.(0274) 513515 Fax.(0274) 513438

Daniel Julianto, Daniel Julianto (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Jln. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta 55281 Telp.(0274) 513515 Fax.(0274) 513438. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13502241024 DANIEL JULIANTO.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh oleh mahasiswa yang mengambil S1 Kependidikan yang pelaksanaanya dilakukan di institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok, yang beralamatkan di Jalan STM Pembangunan No. 1 Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa praktikan mengampu mata pelajaran “Penerapan Rangkaian Elektronika” Kelas XI Teknik Audio Video (TAV). Pembelajaran ini dilaksanakan selama dua bulan atau kurang lebih 8 kali pertemuan. Pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran teori dan praktik. Namun berdasarkan jadwal yang ditentukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta maka KBM yang dilaksanakan mahasiswa praktikan selama 8 kali pertemuan. Hasil pembelajaran untuk kelas XI Teknik Audio Video dengan nilai rata-rata kelas adalah 60,65 dan dinyatakan belum lulus karena nilai Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) sebesar 75,00. Sedangkan daya serap rata-rata siswa dalam menerima pembelajaran adalah 90,19%. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas, baik di kelas teori maupun di kelas praktik. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 2 Depok, Penerapan Rangkaian Elektronika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45440

Actions (login required)

View Item View Item