LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

ANDRY SETIANTO, ANDRY SETIANTO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13501241038 ANDRY SETIANTO.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa harus benar-benar mempersiapkan diri baik dari segi mental, fisik, maupun penguasaan materi dengan melakukan kegiatan pra-PPL. Adapun macam-macam kegiatan pra-PPL yaitu : 1) Pembekalan melalui pengajaran mikro, 2) Pembekalan PPL, 3) Observasi Sekolah, 4) Observasi pembelajaran di kelas, dan 5) Pembuatan perangkat pembelajaran. Kegiatan pra-PPL bertujuan agar mahasiswa praktikan memiliki persiapan yang maksimal dan siap dalam pelaksaan kegiatan PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Terdapat dua jenis kegiatan, yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi: 1) Pembuatan RPP, 2) Konsultasi dengan guru pembimbing, 3) Mengumpulkan materi pembelajaran, 4) Pembuatan media pembelajaran, 5) Pelaksanaan pembelajaran terbimbing, dan 6) Evaluasi Pembelajaran. Sedangkan kegiatan non mengajar meliputi: 1) Membantu sekolah dalam acara PPDB, 2) Menjadi panitia dalam acara MPLS, 3) Pembuatan Poster K3 Bengkel Jurusan TOI 4) Pembuatan Stiker Hemat Energi & Kebersihan, dan 5) rapat mingguan. Berdasarkan hasil penilaian 32 siswa kelas XII Teknik Otomasi Industri terhadap kinerja mahasiswa praktikan ditinjau dari berbagai aspek maka hasilnya yaitu: 1) Aspek kemampuan membuka pelajaran: 29% sangat baik, 66% baik dan 5% kurang baik; 2) Aspek proses pembelajaran: 26% sangat baik, 66% baik dan 8% kurang baik; 3)Aspek penguasaan bahan ajar: 42% sangat baik, 54% baik dan 4% kurang baik; 4) Aspek kegiatan belajar mengajar: 31% sangat baik, 54% baik dan 15% kurang baik; 5) Aspek kemampuan menggunakan media pembelajaran : 44% sangat baik, 55% baik dan 1% kurang baik; 6) Aspek evaluasi pembelajaran: 23% sangat baik, 61% baik dan 16 % kurang baik; 7) Aspek menutup kegiatan pembelajaran: 39% sangat baik, 56% baik dan 5% kurang baik; 8) Aspek kemampuan tindak lanjut/follow up: 37% sangat baik, 56% baik dan 7% kurang baik; Adanya hasil penilaian tersebut diharapkan dapat sebagai refleksi mahasiswa dalam proses pengajaran berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Teknik Otomasi Industri, Hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 05:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45437

Actions (login required)

View Item View Item