LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

PANDHEGA WAHYU SYAHPUTRA, PANDHEGA WAHYU SYAHPUTRA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 13501241024 PANDHEGA WAHYU S.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa program studi kependidikan strata 1 (S1) sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan jenjang S1. Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa harus benar-benar mempersiapkan diri baik dari segi mental, fisik, maupun penguasaan materi dengan melakukan kegiatan pra-PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Terdapat dua jenis kegiatan, yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi: 1) Pembuatan RPP, 2) Konsultasi dengan guru pembimbing, 3) Mengumpulkan materi pembelajaran, 4) Pembuatan media pembelajaran, 5) Pelaksanaan pembelajaran terbimbing, dan 6) Evaluasi Pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa mengajar mata pelajaran Sistem Kontrol Elektro Mekanik dan Elektronik kelas XII TOI juga membantu pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram kelas XI TOI. Sedangkan kegiatan non mengajar meliputi: 1) Membantu sekolah dalam acara PPDB, 2) Menjadi panitia dalam acara MPLS, 3) Pembuatan jadwal pemakaian bengkel Jurusan TOI, 4 ) rapat mingguan. Berdasarkan hasil penilaian 32 siswa terhadap kinerja mahasiswa praktikan ditinjau dari berbagai aspek maka hasilnya yaitu: 1) Aspek kemampuan membuka pelajaran: 24% sangat baik, 64% baik dan 12% kurang baik; 2) Aspek proses pembelajaran: 20% sangat baik, 67% baik dan 13% kurang baik; 3)Aspek penguasaan bahan ajar: 34% sangat baik, 55% baik dan 11% kurang baik; 4) Aspek kegiatan belajar mengajar: 32% sangat baik, 62% baik dan 6% kurang baik; 5) Aspek kemampuan menggunakan media pembelajaran : 33% sangat baik, 64% baik dan 3% kurang baik. Selain hasil penilaian dari siswa, mahasiswa praktikan juga mendapat saran langsung dari guru pembimbing untuk meningkatkan penguasaan materi dan rasa percaya diri. Hasil tersebut merupakan refleksi bagi mahasiswa untuk bisa meningkatkan kualitas diri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, XII T0I, Hasil PPL, Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 05:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45436

Actions (login required)

View Item View Item