INTERNALISASI NILAI NASIONALISME DALAM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI “AL LATIF” DI SD NEGERI SURYODININGRATAN 2 YOGYAKARTA

Prastika, Aldila Ana (2016) INTERNALISASI NILAI NASIONALISME DALAM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI “AL LATIF” DI SD NEGERI SURYODININGRATAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Aldila Ana Prastika_12110244002_skripsi.2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai nasionalisme dalam Madrasah Diniyah Takmilyah Terintegrasi Al Latif melalui kegiatan pembelajaran keagamaan yang diselenggarakan di SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi “Al Latif’ dengan narasumber pengajar Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi “Al Latif’, kepala sekolah, guru, peserta didik sejumlah dua puluh, dan orangtua peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah internalisasi nilai nasionalisme dalam Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi Al Latif. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan dilakukan dengan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi Al Latif telah menginternalisasikan nilai nasionalisme pada peserta didik dengan membina akhlak peserta didik. Adapun contoh internalisasi nilai nasionalisme adalah membiasakan peserta didik untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan, menghormati orang tua dan menyayangi sesama, serta membiasakan tolong menolong terhadap sesama. Internalisasi nilai nasionalisme dalam kegiatan pembelajaran keagamaan di dalam kelas guna mewujudkan akhlakul karimah pada peserta didik sejak dini. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Nasionalisme, Madrasah Diniyah Takmilyah Terintegrasi “Al Latif"

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:18
Last Modified: 30 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45433

Actions (login required)

View Item View Item