LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan

Aziz Ansori Rangkuti, Aziz Ansori Rangkuti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_AZIZ ANSORI_PEND. FISIKA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial, dan teknik mengajar di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Program PPL ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. Kegiatan PPL ini dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Peserta PPL di SMA Negeri 1 Gamping ini terdiri dari 20 mahasiswa yaitu, 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Fisika, 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Biologi, 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Kimia, 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Ekonomi, 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, 4 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Bahasa Perancis, 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Sosiologi, dan 2 orang mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Geografi. Tahap kegiatan dimulai dari observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program dan pelaksanaan program yang telah disetujui. Disamping itu ada kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu praktik persekolahan/mengajar. Kegiatan ini berupa mengajar sesuai dengan bidang studi masing-masing mahasiswa. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XI IPA 2 dan XD untuk mata pelajaran Fisika. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 36 jam pelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap lagi, yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMAN 1 Gamping ini dapat diperoleh hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan Ilmu Pengetahuan dan Praktik Keguruan,dalam hal ini bidang pendidikan fisika yang diperoleh selama menimba ilmu dibangku kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL, sehingga pengalaman lain selama PPL inilah yang sangat berharga bagi Mahasiswa PPL. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMAN 1 Gamping, guru, fisika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45431

Actions (login required)

View Item View Item