LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING

Anindya, Fitriarachma (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_ANINDYA FITRIARACHMA_PEND. KIMIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL adalah praktik pengalaman lapangan yang merupakan suatu kegiatan aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa di sekolah secara langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1 Gamping ini di lakukan seki tar kurang lebih 2 bulan mulai dar i tanggal 15 Jul i 2016 sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini , terdapat beberapa kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa yai tu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan atau praktik kegiatan sekolah.Kegiatan praktik mengajar di kelas berupa prakt ik langsung mengaj ar di kel as dengan dibimbing ol eh Guru Pembimbng yai tu Ibu Drs . MS. Ber tha Tr i Mar t iningrum. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas XI yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi piket guru dan Perpustakaan, Setelah melaksanakan praktik mengajar di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran kimia dalam kelas yang ber jalan sesuai dengan RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) . Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dar i Guru pembimbing dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) sehingga kegiatan PPL dapat ber jalan dengan lancar dan member ikan manfaat yang banyak untuk mahasi swa calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan,PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jan 2017 01:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45408

Actions (login required)

View Item View Item