LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Sleman

Fransisca Kiki Fajarwati, Fransisca Kiki Fajarwati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_FRANSISKA KIKI FAJARWATI_PEND.BIOLOGI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan prograam bagi mahasiswa jurusan pendidikan untuk terjun langsung sebagai seorang pendidik. Mahasiswa dapat menyalurkan segala ilmu yang telah diperoleh pada saat perkuliahan kepada siswa di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan proses pembelajaran serta kegiatan lain yang berlangsung di dalam sekolah. Hal tersebut digunakan sebagai bekal agar mahasiswa dapat menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL juga diharapkan mampu memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk lebih memahami kegiatan yang dilaksanakan dalam lingkungan sekolah sehingga dapat membawa mahasiswa menjadi seorang pendidik yang berkualitas dan profesional. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di SMA Negeri 1 Gamping dan mulai dilaksanakan pada 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali pertemuan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbeda. PPL dilaksanakan selama 31 kali atau 62 jam mengajar di empat kelas yaitu kelas XA, XB, XI IPA 1, dan XII IPA 1 dengan 11 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melakukan PPL terutama dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa yang sulit dikondisikan dan adanya siswa yang masih pasif. Pendekatan kepada siswa dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Gamping, Biologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 01:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45403

Actions (login required)

View Item View Item