LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan

Inanda Laselly, Inanda Laselly (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_INANDA LASELLY_PEND.BHS PRANCIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan. Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan keguruan sehingga dapat mempersiapkan diri dalam mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai seorang calon pendidik. Praktik mengajar merupakan kegiatan pokok pelaksanaan PPL dimana mahasiswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar (PBM) dengan tujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung pada kegiatan belajar mengajar, dalam melakukan praktik mengajar ini jadwal mengajar praktikan disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing yang bersangkutan. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di SMA Negeri 1 Gamping dan mulai dilaksanakan pada 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Program PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gamping yang dalam pelaksanaannya meliputi observasi pra PPL, observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, praktik mengajar, pembenahan perpustakaan, pelaksanaan piket di sekolah yaitu piket perpustakaan dan piket guru Dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini juga, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali pertemuan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbeda. PPL dilaksanakan selama 52 kali dengan mengajar di dua kelas pokok yaitu kelas XI IPA 1, dan XI IPS 1 serta kelas pendamping yang berjumlah 6 kelas yaitu XA, XB, XC, XD, XI IPA2 dan XI IPS2 dengan 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencangkup kompetensi khusus terutama dalam pembelajaran bahasa prancis. Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melakukan PPL yaitu dalam mencari bahan ajar karena belum tersedianya bahan ajar di sekolah ini dan tidak adanya kamus sebagai penunjang pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Gamping, Bahasa Prancis
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45398

Actions (login required)

View Item View Item