LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan

Sulis Setiyono, Sulis Setiyono (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SULIS SETIYONO_PJKR.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan suatu program yang harus diikuti mahasiswa jurusan pendidikan untuk melakukan praktik mengajar menjadi seorang pendidik di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan suatu bentuk kegaiatan yang dapat menjadi sebuah bekal awal seorang mahasiswa jurusan pendidikan untuk membagikan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan kepada peserta didik. Praktik Pengalaman Lapangan ini, memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan proses pembelajaran serta kegiatan lain yang berlangsung di dalam sekolah. Hal tersebut digunakan sebagai bekal agar mahasiswa dapat menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di SMA Negeri 1 Gamping dan mulai dilaksanakan pada 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2015. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali pertemuan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbeda. PPL dilaksanakan selama 30 kali atau 60 jam mengajar di lima kelas yaitu kelas X A, X C, XI IPA I, XI IPS I dan XII IPA I dengan 16 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam melaksanakan kegiatan PPL tentu terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa selama melakukan PPL terutama dalam proses pembelajran di kelas yaitu siswa yang sulit dikondisikan terutama ketika pemanasan sewaktu akan memulai proses pembelajaran PenjasOrkes. Selain itu, peserta didik sulit masih ada yang pasif ketika mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran dengakan mengkombinasikan materi dan permainan merupakan salah satu cara mengatasi hambatan tersebut. Kegiatan PPL diharapkan mampu memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk lebih memahami kegiatan yang dilaksanakan dalam lingkungan sekolah sehingga dapat membawa mahasiswa menjadi seorang pendidik yang berkualitas dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 00:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45392

Actions (login required)

View Item View Item