PRA T L AKTIK SMA Tegalyoso LAPORA K PENGA A NEGE o, Banyur AN IND ALAMA ERI 1 G raden, Ga DIVIDU AN LAP GAMPIN amping, S PANGA NG Slemaan AN

Aris Widiantoro, Aris Widiantoro (2016) PRA T L AKTIK SMA Tegalyoso LAPORA K PENGA A NEGE o, Banyur AN IND ALAMA ERI 1 G raden, Ga DIVIDU AN LAP GAMPIN amping, S PANGA NG Slemaan AN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_ARIS WIDIANTORO_PJKR.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan bekal mahasiswa sebagai calon pendidik, dimana mahasiswa dituntut untuk terjun langsung sebagai seorang pendidik. Mahasiswa dapat menyalurkan segala ilmu yang telah diperoleh pada saat perkuliahan kepada siswa di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan proses pembelajaran khususnya pada pelajaran PenjasOrkes, serta kegiatan lain yang berlangsung di dalam sekolah. Mahasiswa dapat berlatih dan belajar dengan merasakan menjadi seorang pendidik di sekolah, sebelum menjadi seorang pendidik yang sesungguhnya. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di SMA Negeri 1 Gamping dan mulai dilaksanakan pada 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2015. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali pertemuan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbeda. PPL dilaksanakan selama 30 kali atau 60 jam mengajar di lima kelas yaitu kelas X B, X D, XI IPA II, XI IPS II dan XII IPA II dengan 16 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam melaksanakan kegiatan PPL, tentu terdapat beberapa hambatan. Hambatan-hambatan itu berupa sikap peserta didik yang sulit dikondisikan ketika melakukan pemanasan, selanjutnya adanya peserta didik yang masih pasif dalam mengikuti kegiatan olahraga. Mahasiswa melakukan permainan dalam pemanasan untuk membangun semangat peserta didik, serta memodifikasi materi pembelajaran dengan strategi tertentu untuk menggugah keaktifan dan kreatifitas peserta didik. Kegiatan PPL diharapkan mampu memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk lebih memahami kegiatan yang dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah sehingga mahasiswa dapat menjadi seorang pendidik yang berkualitas dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 00:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45389

Actions (login required)

View Item View Item