LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan

Lita Donna Elianti, Lita Donna Elianti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_LITA DONNA ELIANTI_PEND. SOSIOLOGI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta Mempunyai tugas dan misi menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Kajian Kurikulum dan Buku Teks, Evaluasi Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Pengajaran Mikro. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan masa studi sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya pengalaman mengajar diharapkan dapat membentuk mahasiwa calon guru yang profesional dibidangnya. Salah satu lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan PPL tahun 2016 ini yaitu bertempat di SMA Negeri 1 Gamping dan mulai dilaksanakan pada 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiwa melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali pertemuan di dua kelas yaitu di kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2. Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan selama praktik mengajar. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yaitu siswa sulit dikondisiskan, sulit menerima pelajaran dan adanya siswa yang masih pasif. Penjelasan dilakukan secara berulang dan pendekatan kepada siswa yang masih pasif dilakuakn untuk mengatasi hambatan tersebut. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan memberikan kesempatan untuk mempelajarai, mengenal dan menghayati permasalahan disekolah yang terkait dengan proses pembelajaran Sosiologi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Gamping, Sosiologi
Subjects: LPPMP
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2017 00:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45387

Actions (login required)

View Item View Item