EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANGKLUNG DENGAN MEDIA PENANDAAN WARNA (COLOUR SIGNING) BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI BULAKAN 1 SUKOHARJO

Dianasa, Thomas (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANGKLUNG DENGAN MEDIA PENANDAAN WARNA (COLOUR SIGNING) BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI BULAKAN 1 SUKOHARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran musik angklung siswa berkebutuhan khusus antara pembelajaran angklung yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan media penandaan warna (colour signing) pada mata pelajaran Seni Budaya dan Kesenian di SD Negeri Bulakan 1 Sukoharjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media yang berfungsi sebagai penunjang pembelajaran angklung untuk siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Data dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri Bulakan 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja peserta didik yaitu tes praktik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi yaitu rubrik penilaian. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan validitas konstruksi (construct validity). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelititan ini adalah analisis deskriptif dan analisis komparatif dengan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan positif dan signifikan antara hasil pembelajaran yang menggunakan media colour signing dengan yang tidak menggunakan media colour signing dalam proses pembelajaran musik angklung pada mata pelajaran Seni Budaya dan Kesenian. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor post-test sebesar 15,18 dan rata-rata skor pre-test sebesar 12,82 serta selisih kedua rata-rata skor populasi sebesar 2,36. Hasil paired sample t-test menggunakan SPSS 16.0 menghasilkan t hitung sebesar 9,690 dan t tabel sebesar 2,228 dengan signifikansi 0,006 < 0,05. T hitung lebih besar dari t tabel (9,690 > 2,228) oleh karena itu hipotesis yang berbunyi “terdapat perbedaan positif dan signifikan antara hasil pembelajaran musik angklung yang menggunakan media colour signing dengan hasil pembelajaran musik angklung yang tidak menggunakan media colour signing” tidak ditolak, maka media tersebut dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 03 Jan 2017 08:16
Last Modified: 30 Jan 2019 12:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45370

Actions (login required)

View Item View Item