LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 AKADEMI ANGKATAN UDARA Jalan Laksda Adisucipto Km. 10 Yogyakarta

Faif Maulana Habibi, Faif Maulana Habibi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 AKADEMI ANGKATAN UDARA Jalan Laksda Adisucipto Km. 10 Yogyakarta. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
9_LAPORAN INDIVIDU PPL_FAIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL diselenggarakan oleh LPPMP UNY pada semester gasal yaitu mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam kesempatan ini mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL di Lembaga Akademi Angkatan Udara (AAU), tepatnya di Departemen Akademika (Dep. Aka). Dari hasil kegiatan observasi yang telah dilaksanakan di AAU kemudian dirumuskan menjadi beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan selama pelaksanaan PPL. Adapun program individu utama yang telah dirumuskan adalah Pengelolaan Ruang Kelas dengan tujuan untuk mengatur ruang kelas sebagai tempat untuk belajar yang efektif dan kondusif, mengingat tentang pentingnya Pengelolaan Ruang Kelas yang harus dilakukan dengan terencana guna mendukung proses pembelajaran. Seperti contohnya bagaimana mengatur posisi tempat duduk yang tepat, yaitu sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan, kemudian penempatan atribut kelas dan pajangan yang sesuai, guna mempermudah mobilitas Taruna yang sedang melaksanakan proses belajar mengajar, dengan pertimbangan yang matang, sesuai dengan Strategi Pengelolaan Kelas, maka diharapkan Ruang Kelas yang ada di Departemen Akademika, dapat dirancang dengan baik. Dikarenakan system pembelajaran di Akademi Angkatan Udara yang berbeda dengan Lembaga Pendidikan yang lainnya, maka perlu adanya perhatian khusus terhadap segala hal yang berkaitan dengan proses belajar Taruna Karbol. Program individu PPL dapat terlaksana dengan baik namun dalam pelaksanaannya tidak dapat dipungkiri banyak mengalamai berbagai hambatan, namun hambatan tersebut bisa teratasi dengan baik berkat kerjasama antara tim PPL UNY dengan pihak AAU. Hasil dari program kerja individu adalah berhasil mengelola ruang kelas di Departemen Akademika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, AAU, Program Individu, Pengelolaan Ruang Kelas
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Jan 2017 09:08
Last Modified: 03 Jan 2017 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45362

Actions (login required)

View Item View Item