PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X AUDIO VIDEO DI SMK MUH. 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Lutfi , Jauhari (2012) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X AUDIO VIDEO DI SMK MUH. 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE EFFECT OF THE USE OF LIBRARY SCHOOL, USE OF MEDIA LEARNING AND ACHIEVEMENT MOTIVATION TOWARD LEARNING ACHIEVMENT STUDENTS BASIC ENGINEERING DIGITAL CLASS X AUDIO VIDEO IN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ACADEMIC YEAR 2011-12.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya sumbangan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Dasar Teknik Digital Siswa Kelas X Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Audio Video SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 53 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment dan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment.Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda 3 prediktor pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar Dasar Teknik Digital. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r hitung lebih besar dari r tabel (0,366 >0,270); (2) Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar Dasar Teknik Digital. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien rhitung lebih kecil dari r tabel (0,227<0,270); 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara moticasi berprestasi terhadap prestasi belajar Dasar Teknik Digital. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r hitung lebih besar dari rtabel (0,549<0,270); (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah, penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Dasar Teknik Digital. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,582, koefisien determinan (r2) sebesar 0,339 atau sebesar 33,9%, r hitung lebih besar dari r tabel (0,582<0,270) dan ditunjukan dengan persamaan Y = 64,292 + 0,172X1 + (-0,082X2) + 0,173 X3. Koefisien determinan sebesar 33,9%, dimana pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 6,75%, penggunaan media pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 3,67% dan motivasi berprestasi memberikan sumbangan efektif sebesar 23,48%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 10:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item