LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 TEMPEL

MERI HANDAYANI, MERI HANDAYANI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MERI HANDAYANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Tempel telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Fisika. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, analisis hasil evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2015, dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan di kelas XI IPS 2. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi materi Struktur Sosial. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mengajar di sekolah SMA N 1 Tempel. Dan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selama mahasiswa di sekolah SMA N 1 Tempel, banyak mendapatkan kemudahan dan batuan dari Guru pembimbing lapangan. Guru pembimbing memberikan evaluasi setiap mahasiswa selesai mengajar dan menjadi masukan dan pembelajaran bagi mahasiswa agar kedepannya lebih baik lagi dalam mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45349

Actions (login required)

View Item View Item