PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA POKOK BAHASAN “KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI”BAGI SISWA KELAS III SD AL-AMIN SINAR PUTIH BANTUL YOGYAKARTA

Putra, Kunchoro Aji (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA POKOK BAHASAN “KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI”BAGI SISWA KELAS III SD AL-AMIN SINAR PUTIH BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Kunchoro Aji Putra_11105241037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif IPA pokok bahasan kenampakan permukaan bumi yang layak digunakan bagi siswa kelas III SD Al-Amin Sinar Putih Bantul Yogyakarta. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi sembilan langkah, yaitu sebagai berikut: 1) penelitian awal dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba produk awal, 5) revisi produk uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir. Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas III SD Al-Amin Sinar Putih Bantul Yogyakarta, dengan tiga tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 9 subyek, uji coba lapangan dengan 16 subyek, dan uji pelaksanaan lapangan dengan 25 subyek. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Multimedia pembelajaran interaktif kenampakan permukaan bumi memiliki karakteristik mandiri. Multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah dinyatakan “Layak”. Hal itu berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media terhadap media yang dikembangkan ialah layak dengan nilai 3,6 dari segi materi dan 3,38 dari segi media. Hasil uji coba lapangan awal dinyatakan “Sangat Layak” (0.90), hasil uji coba lapangan dinyatakan “Sangat Layak” (0,93), dan hasil uji pelaksanaan lapangan dinyatakan “Sangat Layak” (0,94).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 12:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45322

Actions (login required)

View Item View Item