Kurniawati, Novi (2016) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIFSQUARE STEPS ENGLISH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SDN NGLEMPONG SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
NOVI KURNIAWATI_10105244022.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh APE Square Steps English terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas III SDN Nglempong, (2) mengetahui perbedaan pengaruh APE Square Steps English dan media kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas III SDN Nglempong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan APE Square Steps English, sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata. Subyek penelitian ini adalah 62 siswa kelas III SDN Nglempong Sariharjo Ngaglik Sleman. Sebanyak 31 siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas III-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan APE Square Steps English lebih efektif dibandingkan dengan media kartu bergambar, memberikan pengaruh sebesar 8,23 terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan memiliki bobot keefektifan sebesar 10,24%. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata peningkatan kelas eksperimen dikurangi nilai rata-rata peningkatan kelas kontrol. Hasil rangkuman tabel uji-t gain score, menunjukkan nilai thitung sebesar 4,319 yang lebih besar dari ttabel 1,670 (df=60), dan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 kurang dari 0,05. (2) Terdapat perbedaan pengaruh APE Square Steps English dan media kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas III SDN Nglempong. Hal tersebut berdasarkan tabel rangkuman, diperoleh thitung sebesar 2,134 lebih besar dari ttabel sebesar 1,670 dan perolehan nilai signifikasi 0,037 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest sebesar 6,94 yang berasal dari pengurangan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45321 |
Actions (login required)
View Item |