LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

RIFAN ZANI, RIFAN ZANI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang merupakan salah satu butir Tri Darma Perguruan Tinggi bersifat intrakurikuler dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kependidikan. Kegiatan ini mecakup kegiatan praktik mengajar dan kegiatan persekolahan yang lain dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL ini merupakan rangkaian kegiatan PPL, yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, tersebar dibeberapa kabupaten antara lain Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, Klaten, Purworejo, serta Kota Yogyakarta, berlokasi baik pada tingkat SMP dan yang sederajat maupun SMA, SMK dan yang sederajat. Salah satu dari lembaga pendidikan tersebut adalah SMK PI Ambarrukmo 1 Sleman yang beralamatkan di jalan Cendrawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok Sleman Yogyakarta Program PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: persiapan mengajar, observasi kelas, praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media, juga pandampingan guru (asistensi). Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakn di kelas XI AP I, pada mata pelajaran Food and Beverage Service. Kegiatan PPL ini telah memberikan begitu banyak manfaat, yaitu pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru seputar dunia sekolah dan permasalahan yang terdapat di dalamnya. Mahasiswa juga semakin mengenal lingkungan sekolah dan berbagai macam proses kegiatan yang terjadi. Sekolah juga merupakan tempat melatih kemampuan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik, berinteraksi dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45316

Actions (login required)

View Item View Item