PENGEMBANGAN LKS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016

Twosias, Fedric and Wiyatmo, Yusman (2016) PENGEMBANGAN LKS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan LKS fisika berbasis inquiry yang memenuhi kriteria LKS layak secara baik, 2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa dari penerapan LKS fisika berbasis inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan mengikuti langkah-langkah penggunaan metode Research and Development (R&D). Model ini merupakan kegiatan yang terdiri dari pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi ahli, revisi, uji coba lapangan kecil, desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X semester II SMA N 1 Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 siswa. Dalam penelitian ini materi pokok yang digunakan adalah hukum Kirchoff II. Instrumen yang digunakan antara lain RPP, LKS dan lembar observasi pembelajaran. Data yang dihasilkan berupa data validasi ahli, data penilaian sikap siswa, dan data hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek kognitif dan afektif serta aspek keterampilan proses sains. Setiap data yang didapatkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) LKS yang dikembangkan ditinjau dari aspek format LKS, isi LKS, bahasa dan penulisan baik menurut dosen ahli, dan guru fisika, 2) keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa menggunakan LKS fisika berbasis inquiry secara keseluruhan adalah dikategorikan baik dengan distribusi frekuensi 22 siswa atau 74 % untuk keterampilan proses sains, dan distribusi 30 siswa atau 100 % untuk penguasaan konsep siswa. Adanya peningkatan signifikan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran LKS berbasis inquiry sebesar 0,17. Kata-kata Kunci: pengembangan LKS inquiry, Keterampilan Proses dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Dec 2016 09:03
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45290

Actions (login required)

View Item View Item