Keefektifan Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran IPS SMP di Kabupaten Pemalang

Tanuri, Tanuri (2010) Keefektifan Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran IPS SMP di Kabupaten Pemalang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tanuri-06705251004.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Cooperative Learning dalam pembelajaran IPS, yang meliputi perbedaan hasil belajar siswa, dan interaksi pengaruh hubungan antara model pembelajaran dan self-esteem terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA sebanyak 80 orang dan kelas VIIIB sebanyak 80 orang. sampel yang dipilih secara Cluster Random Sampling. Variabel terikat (Y) penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Sebagai variabel bebas (Xı) adalah model pembelajaran IPS, dan variabel kontrol (X2) adalah Self-Esteem. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrumen pengumpulan data, meliputi: (1) rating scale untuk mengukur self-esteem; (2) tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Validitas instrumen dihitung dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, sedangkan reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian dianalisis dengan ANOVA dua jalur (Two Way ANOVA). Hasil analisis menyatakan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran cooperative learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 14,276; p = 0,000 ≤ 0,05); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan self-esteem tinggi dan siswa dengan self-esteem rendah (F = 11,046; p = 0,001 ≤ 0,05); (3) Terapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model cooperative learning dan model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai self-esteem tinggi (F = 3,159; p = 0,002 ≤ 0,05); (4) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model cooperative learning dan model konvensional pada siswa yang mempunyai self-esteem rendah (F = 3,963; p = 0,028 ≤ 0,05); (5) Tidak terdapat interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan self-esteem terhadap hasil belajar siswa (F = 0,241; p = 0,624 > 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45269

Actions (login required)

View Item View Item