Prasetyo, Rudy and Hernawati, Kuswari (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ROLE PLAYING GAME PADAMATERI KESEBANGUNAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK SISWA SMP KELAS IX. S1 thesis, UNY.
|
Text
Bab I.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (63kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
![]() |
Text
Cover.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
|
![]() |
Text
pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Skripsi Rudy Prasetyo (09301241021).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Video
Game.exe Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
![]() |
Video
Game.exe Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
![]() |
Video
Game.exe Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
![]() |
Text
JUDUL.docx Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas game edukasi matematika berbasis Role Playing Game pada materi kesebangunan sebagai media pembelajaran inovatif untuk siswa SMP kelas IX ditinjau dari aspek isi dan tujuan, teknis, dan instruksional/pembelajaran, serta minat siswa terhadap game edukasi matematika. Pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui 5 tahapan, yaitu: 1) analisis meliputi analisis kompetensi, karakteristik siswa, situasi sekolah, dan teknologi, 2) perancangan meliputi berupa menyusun materi, storyboard, flowchart, naskah skenario, dan instrumen, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, 3) pengembangan, dilakukan pengembangan game edukasi berdasarkan saran dan masukan dari ahli dan guru, 4) Implementasi produk dilakukan pada pembelajaran siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dlingo, dan 5) evaluasi, dilakukan dengan perekapan dan analisis data yang diperoleh selama tahap pengembangan dan tahap implementasi. Instrumen yang digunakan angket evaluasi ahli media dan materi, angket guru dan angket minat siswa. Ditinjau dari aspek kualitas isi dan tujuan, aspek kualitas teknis, dan aspek kualitas instruksiona dapat diketahui bahwa kualitas game edukasi matematika berbasis role playing game dengan skor rata-rata 3,98 dalam skala 5 masuk dalam kategori baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap game edukasi matematika dengan skor rata-rata 4,24 dalam skala 5. Siswa menunjukkan minat yang sangat baik terhadap game edukasi matematika yang dikembangkan. Kata kunci: media pembelajaran inovatif, game edukasi matematika, role playing game
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 01:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |