LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli s.d. 15 September2016

Mega Nurmawati, Mega Nurmawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli s.d. 15 September2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL PEND. SENI TARI MEGA NURMAWANTI 13209241042.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkanilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencariilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat diperkuliahan. Secara umum, pelaksaan PPL meliputi empat tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 1 Minggir, yang dilaksanakan mulai dari 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pembelajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran dikelas lebih dari 6 kali pertemuan. Kelas yang diampu ada 6 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VII D, VII F, VII G dan VIII A. Metode yang digunakan dalam pembelajaran dikelas, antara lain demonstrasi, penugasan, praktikum, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Selain kegiatan belajar mengajar, ada kegiatan diluarjam mengajar seperti salam pagi, piket lobby,upacara rutin hari senin, pendampingan tonti, lomba peringatan 17Agustus, dll. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya disekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Berakhirnya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa semakin berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam dunia pendidikan. Selain itu, semakin memiliki peranan menuju terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas bagi nusa dan bangsa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMPN 1 Minggir, Pembelajaran, Pendidikan Seni Tari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45247

Actions (login required)

View Item View Item