PENERAPAN NILAI KEMANDIRIAN DI TAMAN BALITA (TB) CERIA TIMOHO YOGYAKARTA

Theodora Denis, Haria Dewani (2016) PENERAPAN NILAI KEMANDIRIAN DI TAMAN BALITA (TB) CERIA TIMOHO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Theodora Denis Haria Dewani_12111241046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai kemandirian di Taman Balita Ceria Timoho Yogyakarta. Mengetahui proses penerapan nilai kemandirian, faktor pendukung, faktor penghambat dalam penerapan nilai kemandirian. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan anak di Taman Balita Ceria Timoho. Fokus penelitian ini adalah penerapan nilai kemandirian. Tempat penelitian dilakukan di Taman Balita Ceria Timoho Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif naratif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman dan diuji keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan kehadiran dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan: 1) penerapan nilai kemandirian di Taman Balita Ceria Timoho Yogyakarta dilakukan dengan cara membiasakan anak untuk menaruh tas dan sepatu pada tempatnya, melepas sepatu sendiri, mengambil dan memasukkan daily book sendiri, mampu menyerahkan daily book ke pendidik, menyelesaikan dan mengumpulkan tugas yang diberikan secara mandiri, antri ketika mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, antri ketika menaruh piring dan gelas yang telah dipakai kedalam ember, mengucapkan kata maaf jika berbuat kesalahan, mengucap kata keberatan jika merasa tidak nyaman, mengenakan sepatu sendiri, mengenali sepatu dan tasnya sendiri. Bimbingan educator untuk mengurus dirinya sendiri, menyelesaikan masalah yang dihadapi, bertanggung jawab atas barang yang dimiliki. Arahan educator dan assistaint secara verbal untuk membiasakan kemandirian anak; 2) faktor pendukung kemandirian anak yaitu adanya konsistensi pendidik dan dukungan sarana prasarana disekitar anak; 3) faktor penghambat adalah adanya perbedaan pembiasaan yang dilakukan dirumah dan disekolah, dan terdapat discontinuitas antara educator dengan orang tua Kata Kunci: penerapan nilai kemandirian anak, taman balita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Dec 2016 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 12:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45235

Actions (login required)

View Item View Item