Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Metode Problem Based Learning di SMP Negeri 15 Kota Yogyakarta

Mu'aini, Mu'aini (2010) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Metode Problem Based Learning di SMP Negeri 15 Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muaini-08705251018.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS melalui penerapan metode problem based learning di kelas VIII semester 2 SMP Negeri 15 Kota Yogyakarta tahun akademik 2009/2010. Penelitian ini merupakan classroom action research (penelitian tindakan kelas) dengan desain Kemmis & Taggart yang dilaksanakan dalam III siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D berjumlah 35 siswa. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru IPS kelas VIII sebagai pelaksana tindakan dan peneliti sebagai observer. Jenis tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan problem based learning dalam pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan teknik yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS dengan penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada aspek proses pembelajaran dan hasil belajar. Langkah-langkah pembelajaran meliputi mengidentifikasi masalah, menggali sumber informasi yang relevan, belajar secara mandiri, menyelidiki dan menginterpretasi data yang terkumpul, memilih beberapa alternatif solusi masalah, dengan mempertimbangkan pendapat atau informasi untuk menyeleksi solusi masalah. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat diamati dan dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dengan persentase pada siklus I 72.62 %; siklus II 77.13%; dan siklus III 91.83%. Peningkatan aktivitas guru dipersentasekan pada siklus I 73%; siklus II 87%; dan siklus III 92.8%. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata 67,00; siswa yang mencapai KKM sebesar 45,6%; siklus II rata-rata meningkat menjadi 71,00, siswa yang KKM 57,14%; dan siklus III rata-rata meningkat menjadi 80,42 dengan seluruh siswa (100%) mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VIII D SMP Negeri 15 Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, Problem Based Learning
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:32
Last Modified: 28 Dec 2016 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45207

Actions (login required)

View Item View Item