PENERAPAN PENDIDIKAN SISTEM AMONG PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA

Gopar, Taufik (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN SISTEM AMONG PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, FT UNY.

[img]
Preview
Text
GOPAR TAUFIK_14503247010_PENDIDIKAN TEKNIK MESIN.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) konsep pendidikan sistem among menurut Ki Hajar Dewantara, (2) model pembelajaran pendidikan sistem among, (3) strategi pembelajaran pendidikan sistem among, (4) metode yang diterapkan pada pemebelajaran sistem among, dan (5) hambatan-hambatan penerapan pendidikan sistem among pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua pihak yang terkait dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan, yaitu Kepala Yayasan, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan; (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan secara induktif dengan tahapan; (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut; (1) Penerapan pendidikan sistem among dengan semboyan Tutwuri Handayani ialah tujuan, pedagogik, dan isi pendidikan memerdekakan sesuai kodrat alam menggunakan metode Momong, Among, dan Ngemong melaui cara Ing Ngarsa Asung Tuladha serta Ing Madya Mangun Karsa di terapkan di Tripusat Pendidikan dengan Teori Dasar dan Ajar sehingga menjadikan peserta didik Lulusan Meng-Indonesia. (2) Model pembelajaran pendidikan sistem among yang diterapkan SMK Taman Siswa Yogyakarta dengan visi dan misi SMK Taman Siswa, menganalisis karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, persiapan, pelaksanaan, hasil, evaluasi, dan hasil setelah evaluasi. (3) Strategi pembelajaran di SMK Taman Siswa Yogyakarta peneliti mendefinisikan yang digunakan oleh pamong pada mata peljaran gambar teknik yaitu dapat disebut strategi pembelajaran mengacu terhadap antusias belajar peserta didik sesuai kodrat alam, kemudian pamong memberikan cara yang bervariasi pada setiap kelasnya. (4) Metode pembelajaran di SMK Taman Siswa Yogyakarta dengan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan metode praktikum. (5) Hambatan-hambatan penerapan pendidikan sistem among di SMK Taman Siswa Yogyakarta terdiri dari hambatan eksternal dan internal hambatan. Sedangkan hambatan yang dialami pada mata pelajaran gambar teknik adalah: (a) keterbatasan ruangan dan kedua tenaga ahli, (b) tidak ada team teaching sehingga guru satu dengan peserta didik yang jumlahnya banyak, (c) belum adanya lab gambar, dan (d) khususnya pada pamong mata pelajaran gambar teknik kurang memahami pendidikan sistem among.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penerapan, pendidikan sistem among, SMK Taman Siswa Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 12:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45205

Actions (login required)

View Item View Item