LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HENDY DWI NUGROHO, HENDY DWI NUGROHO (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13520244021_Hendy Dwi Nugroho_Pendidikan Informatika.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah untuk menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaaan, kemandirian, dan kecendekiaan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan tempat atau wahana dalam membentuk calon guru atau tenaga pendidik yang professional dan cakap dalam dunia pendidikan. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi lapangan (kelas). Observasi sekolah ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mengetahui karakter siswa. Selain observasi, konsultasi dengan guru pembimbing juga diperlukan untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan sebelum pelakasanaan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli s.d. 16 September 2016 bertempat di SMK Muhammadyah 2 Yogyakarta yang beralamat di di Jl. Tukangan No.1, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah mengajar, menjalankan program kerja PPL, dan melakukan piket BK, perpustakaan, ruang TU dan Koperasi. Dalam pelaksanaan PPL ini penulis mengajar kelas XI TKJ mata pelajaran Produktif Jaringan Komputer. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Penulis memperoleh pengalaman mengajar kelas XI TKJ untuk mata pelajaran Produktif Jaringan Komputer sebanyak 19 pertemuan Sedangkan untuk pembuatan RPP, penulis selama pelaksanaan PPL membuat 9 RPP. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMK Muhammadyah 2 Yogyakarta, Jaringan Komputer.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2016 00:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45194

Actions (login required)

View Item View Item