PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

SEPTI HARYANI, SEPTI HARYANI (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401241005_Septi Haryani_PKnH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu sarana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di bangku kuliah dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, yang terletak di Jalan Tukangan No. 01 Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, praktikan mengajarkan materi Pkn kelas X TKJ 2, X ADP 2 dan XI ADP 1, semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X TKJ 2, X ADP 2 dan XI ADP 1. Penulis melakukan praktik mengajar setiap hari Senin dikelas X ADP 2 jam ke 4, 5 dan XI ADP 1 jam ke 7,8 serta mengajar setiap hari Jumat di kelas X TKJ 2 pada jam ke 1,2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran,proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Praktikan telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Individu, PPL, Program, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2016 00:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45193

Actions (login required)

View Item View Item