LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADYAH 2 YOGYAKARTA

ELLY DWI RAHAYU, ELLY DWI RAHAYU (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADYAH 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401240107_Elly Dwi Rahayu_PKnH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau yang biasa disebut dengan PPL merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga pengajar atau kependidikan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa. Kegiatan PPL UNY 2016 SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta diawali dengan sejumlah agenda yakni penerjunan pada tanggal 15 Juli 2016, kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran, membuat media pembelajaran untuk siswa dan melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP, silabus, lembar informasi siswa, lembar kerja siswa, soal evaluasi dan administarasi guru yang lainnya. Mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk kelas yang diampu ada tiga (3) kelas yaitu kelas X TKJ 1, X AP 1, dan XI AP 2. Jumlah mengajar mahasiswa praktikan dari awal penerjunan sampai batas akhir tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016 adalah 7 pertemuan. Jadwal mengajar praktikan adalah setiap hari Senin pukul 07.00-08.20 WIB untuk XI AP 2, setiap hari Jum’at pukul 008.20-10.00 WIB untuk X TKJ 1 dan pukul 10.40-12.00 kelas X AP 1. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, TKJ, AP, Pembelajaran Micro, Evaluasi, Administrasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2016 00:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45192

Actions (login required)

View Item View Item