PROYEK AKHIR PROTOTIPE ROBOT LINE FOLLOWER BERKAKI SEBAGAI PENGANTAR MAKANAN DI RESTORAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328

Aprilia Imam, Udin (2016) PROYEK AKHIR PROTOTIPE ROBOT LINE FOLLOWER BERKAKI SEBAGAI PENGANTAR MAKANAN DI RESTORAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328. D3 thesis, FT UNY.

[img]
Preview
Text
PROTOTIPE ROBOT LINE FOLLOWER BERKAKI SEBAGAI PENGANTAR MAKANAN DI RESTORAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Prototipe Robot Line Follower Berkaki merupakan inovasi pada bidang pelayanan makanan khusunya menggunakan robot berkaki. Robot pelayan yang sudah ada kebanyakan menggunakan roda sebagai penggeraknya, sedangkan pada proyek akhir ini prototipe robot pelayan yang dibuat menggunakan kaki sebagai penggeraknya. Proyek akhir ini bertujuan (1) membuat Prototipe Robot Line Follower Berkaki sebagai pelayan makanan direstoran, (2) membuat program Prototipe Robot Line Follower Berkaki supaya robot pelayan dapat mengikuti jalur dan menaruh nampan berisi makanan ke meja pelanggan, (3) mengetahui unjuk kerja Prototipe Robot Line Follower Berkaki sebagai pengantar makanan direstoran. Perancangan Prototipe Robot Line Follower Berkaki ini menggunakan metode rancang bangun yang terdiri atas beberapa tahap yaitu (1) analisa kebutuhan, (2) perancangan rangkaian, (3) langkah pembuatan alat, (4) pengujian alat dan (5) pengambilan data. Prinsip kerja dari Prototipe Robot Line Follower Berkaki yaitu mengantar nampan makanan ke meja pelanggan dengan mengikuti garis sesuai nomor meja.Perangkat ini tersusun dari 3 bagian utama : (1) bagian input, dengan komponen utama yakni sensor infrared, photodioda sebagai sensor garis dan push button sebagai inputan berupa perintah langsunng, (2) bagian mikrokontroler, dengan komponen utama ATmega328, ATmega328 disini adalah sebagai proses dari inputan yang masuk dan akan diteruskan ke output, (3) bagian output, dengan komponen utama berupa motor servo yang digunakan sebagai penggerak dari keseluruhan sistem yang ada. Berdasarkan dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa Prototipe Robot Line Follower Berkaki dapat bekerja sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan yaitu (1) Robot pelayan dapat mengantar nampan yang berisi makanan ke meja yang telah ditentukan, (2) Perangkat lunak yang digunakan untuk program prototipe robot line follower berkaki menggunakan bahasa C dapat bekerja dengan baik sesuai dengan instruksinya (3) Robot pelayan yang dilengkapi dengan sensor infra red sebagai penujuk arah dan motor servo sebagai penggerak kakinya dapat bekerja dengan baik dan robot dapat mengntar makanan ke meja yang ditentukan.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: ATmega328, Prototipe Robot Line Follower Berkaki
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45191

Actions (login required)

View Item View Item