LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi : SMK HAMONG PUTERA II PAKEM Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 18 Juli – 15 September 2016

Yogi Adidarma Putra, Yogi Adidarma Putra (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi : SMK HAMONG PUTERA II PAKEM Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 18 Juli – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pengesahan, Matrik, abstrak.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YogiAdidarmaPutra_13518241054.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib tempuh yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMK Hamong Putera II Pakem adalah salah satu lokasi pelaksanaan PPL UNY 2016. Program Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk menumbuh kembangkan sikap dan kepribadian mahasiswa sebagai calon seorang pendidik yang memiliki sikap dewasa dalam bertindak, berpikir, berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Hamong Putera II Pakem dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 dan diakhiri pada tanggal 15 September 2016. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa PPL perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan RPP, bahan ajar,serta media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ini meliputi tiga hal, yaitu (1) kegiatan awal yang terdiri dari berdoa, absensi, apersepsi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) kegiatan inti yang terdiri dari penyampaian materi kepada peserta didik, tanya jawab dan diskusi, praktikum, serta evaluasi; dan (3) kegiatan akhir yang meliputi refleksi bersama, penarikan kesimpulan, dan berdoa. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X TITL 1, dan X TITL 2. Proses pembelajaran di kelas sudah menggunakan kurikulum 2013. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Hamong Putera II Pakem dapat berjalan dengan lancar, meskipun tedapat beberapa kendala seperti kurangnya jam mengajar karena libur Hari Kemerdekaan, namun hambatan – hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik. Selain mengajar, praktikan / mahasiswa PPL juga melaksanakan program – program penunjang untuk melengkapi kinerja sebagai seorang guru, seperti : melatih kegiatan ekstrakurikuler, yang meliputi : pelatihan baris berbaris. Selain itu mahasiswa PPL juga berkesempatan menjadi petugas piket perpustakaan, utnuk melayani kebutuhan siswa, serta mendampingi kegiatan – kegiatan siswa di luar sekolah. Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru mata pelajaran. Kegiatan PPL ini juga memberikan pengalaman secara nyata bagi prraktikan / mahasiswa PPL. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Kegiatan PPL ini juga dapat dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menjadi guru atau pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Hamong Putera II Pakem, Siswa, Mahasiswa PPL, Sekolah, Mengajar, Pembelajara
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45184

Actions (login required)

View Item View Item