PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB UNTUK MENCARI SMK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SISWA DI KOTA YOGYAKARTA

Hilarius Wira, Widya Iswara (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB UNTUK MENCARI SMK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SISWA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, FT UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Hilarius Wira Widya Iswara.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan solusi untuk mengatasi kebingungan siswa saat memilih SMK beserta kompetensi keahliannya, (2) mengembangkan aplikasi mobile sistem pendukung keputusan Smart School Finder System (SSFS) dengan metode Simple Additive Weighting berbasis web yang efektif untuk menentukan SMK beserta kompetensi keahlian yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa, dan (3) mengetahui tingkat kualitas aplikasi Smart School Finder System (SSFS) berdasarkan aspek functional suitability, compatibility , usability dan performance efficiency (ISO 25010). Desain penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) serta prosedur yang digunakan dalam proses pengembangan aplikasi mobile SSFS menggunakan prosedur pengembangan air terjun (waterfall) dengan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pengujian pengembangan yang dilakukan meliputi pengujian aspek functional suitability, compatibility, usability dan performance efficiency. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui sebagai berikut. (1) Permasalahan kebingungan siswa saat memilih SMK beserta kompetensi keahliannya dapat teratasi dengan adanya aplikasi Smart School Finder System . (2) Aplikasi Smart School Finder System (SSFS) dikembangkan dengan berbasis web dan memiliki fitur cari sekolah, menampilkan info sekolah, menampilkan info kompetensi keahlian, dan forum obrolan. Basis data yang digunakan dalam aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan MySQL. (3) Aplikasi telah memenuhi standar kualitas ISO 25010. Pada aspek functional suitability, aplikasi ini mendapatkan persentase sebesar 100% sesuai standar kualitas yang telah ditentukan oleh AQuA. Pada aspek compatibility mendapatkan nilai persentase sebesar 100%. Pada aspek usability mendapatkan nilai persentase sebesar 81,33% dengan kategori “sangat layak” dan nilai Alpha-Cronbach sebesar 0,822 dengan kategori “baik”. Pada aspek performance efficiency diperoleh rata-rata waktu respon 0,004793 detik dengan kategori “sangat puas”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aplikasi mobile, Smart School Finder System, aplikasi web, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 12:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45181

Actions (login required)

View Item View Item