LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. 55582

Muhammad Bambang Wijanarko, Muhammad Bambang Wijanarko (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. 55582. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Peng_Abs_Mat.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MBambangWijanarko_13518241056.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelas Sarjana Pendidikan teknik di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dan cakap dibidangnya. Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Hamong Putera 2 Pakem di mulai sejak tanggal 15 Juli 2016 (tahun ajaran baru 2016/2017). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi sekolah dan kegiatan pembelajaran, pembekalan praktik mengajar melalui microteaching, hingga praktik mengajar langsung di SMK Hamong Putera 2 Pakem Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Dalam pelaksanaan praktik mengajar ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya berupa administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) mahasiswa praktikan mengampu 1 mata pelajaran untuk satu kelas, yaitu Mengukur Hasil Pengukuran Kelas X. Selama melaksanakan PPL tersebut mahasiswa praktikan mengajar sebanyak 6 kali pertemuan. Secara umum pelaksaan PPL, proses kegiatan pembelajarn dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu hambatan yang berarti. Selama kegiatan PPL praktikan menggunakan kurikulum 2013 sebagai panduan mengajar. Kegiatan PPL telah memberikan wawasan dan rasa tanggung jawab sebagai pendidik terhadap pengelolaan proses belajar mengajar disekolah, memberikan pengalaman pendidikan maupun profesi yang dapat meningkatkan kemampuan atau profesionalime calon pendidik dibidang kependidikan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Kurikulum 2013, Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45180

Actions (login required)

View Item View Item