HUBUNGAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DENGAN KEDISIPLINAN SISWA JURUSAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL

Fajrin Sidiq, Muzaffarul Zaman (2015) HUBUNGAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DENGAN KEDISIPLINAN SISWA JURUSAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL. S1 thesis, FT UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAJRIN SIDIQ M. Z. PDF.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling pada siswa jurusan otomotif dan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan dan konseling dengan kedisiplinan siswa jurusan otomotif. Penelitian ini di laksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul populasi penelitian adalah seluruh siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul yang berjumlah 120 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket digunakan untuk mengumpulkan data Pelaksanaan BK/BP pada siswa dan kedisiplinan siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data Pelaksanaan BK/BP dan foto siswa yang melanggar tata tertib di Sekolah. Analisis deskriptif digunakan untuk menjawab bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dan untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan Analisis Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah 1 Patuk sudah terlaksana dengan cukup baik dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan dan konseling dengan perilaku kedisiplinan siswa. Perhitungan analisis korelasi diperoleh harga r sebesar 0,351 (p < 0,05) artinya, merupakan hubungan positif yang rendah. Hubungan positif artinya apabila layanan bimbingan dan konseling mengalami kenaikan, maka kedisiplinan siswa akan ikut naik juga begitu pula sebaliknya. Dengan kata lain layanan bimbingan dan konseling dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan, Hubungan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 12:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45178

Actions (login required)

View Item View Item