LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 15 Juli 2016 – 15 September 2016

Ahmad Burhanudin, Ahmad Burhanudin (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pengesahan, Matrik, abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ahmad Burhanudin_13518241060.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa Univesitas Negeri Yogyakarta program pendidikan S1. Program ini bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. PPL/Magang III mencakup tugas-tugas kependidikan baik berupa latihan mengajar secara terbimbing dan mandiri, maupun tugas-tugas lainya yang menjadi profesi kependidikan dan keguruan yang profesional. Melalui program ini juga mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya yang diperoleh selama perkuliahan kedalam kehidupan nyata atau dalam hal ini adalah sekolah sehingga mahasiswa akan memperoleh pengalaman yang akan berguna di masa depan. Observasi sekolah merupakan kegiatan awal dari PPL/Magang III yang dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL/Magang III. Selain itu, bimbingan dengan guru pembimbing juga dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PPL/Magang III. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 bertempat di SMK Hamong Putera 2 Pakem Program Studi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sekolah ini beralamat di Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, mengajar terbimbing & mandiri, dan melakukan kegiatan lain yang ada di sekolah. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa praktikan memperoleh mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) di kelas X TITL 1 dan X TITL 2 serta mata pelajaran Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja (MK3) di kelas X TITL 2. PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNY di SMK Hamong Putera 2 Pakem memberikan dampak yang positif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang nantinya akan terjun secara langsung di dunia pendidikan. Hal yang terpenting dalam kegiatan PPL ini adalah pengalaman ini dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat pada waktu mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK Hamong Putera 2 Pakem, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45177

Actions (login required)

View Item View Item