Peningkatan Nilai Moral dan Hasil Belajar Kognitif melalui Metode Bermain Peran dalam Pembelajan IPS di Kelas V SDN Sampang, Gedangsari, Gunungkidul

Istiqomah, Istiqomah (2010) Peningkatan Nilai Moral dan Hasil Belajar Kognitif melalui Metode Bermain Peran dalam Pembelajan IPS di Kelas V SDN Sampang, Gedangsari, Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-istiqomah-08705251016.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan nilai moral dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS, (2) mendapatkan bukti peningkatan nilai moral dan hasil belajar kognitif yang terjadi setelah diterapkan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam suatu siklus. Adapun tempat penelitian di SDN Sampang kecamatan Gedangsari kabupaten Gunungkidul. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 21 orang. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru kelas V sebagai pelaksana tindakan, peneliti sebagai observer, dan teman sejawat sebagai pembantu observasi. Jenis tindakan yang diterapkan adalah metode bermain peran dalam pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan teknik yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS dengan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan nilai moral siswa pada aspek ketaaatan beribadah, kerjasama, tanggung jawab, dan toleransi. Peningkatan nilai ketaatan beribadah berturut-turut dari siklus I, II, dan III adalah sebesar 38,1%, 55,2%, dan 73,3%. Peningkatan nilai kerjasama berturut-turut dari siklus I, II, dan III adalah sebesar 49,5%, 65,7%, dan 69,5%. Peningkatan nilai tanggung jawab berturut-turut dari siklus I, II, dan III adalah sebesar 40,9%, 60%, dan 65,7%. Peningkatan nilai toleransi berturut-turut dari siklus I, II, dan III adalah sebesar 47,6%, 58,1%, dan 63,8%. Peningkatan hasil belajar kognitif pada siklus I, II, III, adalah 58,2; 65,1; dan 69,3. Jadi penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan nilai moral dan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Sampang, Gedangsari, Gunungkidul pada tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai moral, hasil belajar kognitif, metode bermain peran, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2016 06:18
Last Modified: 29 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45171

Actions (login required)

View Item View Item