Herawati, Herawati (2010) Evaluasi Pelaksanaan KTSP Dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Se-kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-herawati-06705251001.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi tingkat pengetahuan guru PAI di SMA N se-kabupaten Sleman mengenai hal-hal yang terkait dengan KTSP, (2) mengevaluasi pelaksanaan KTSP oleh guru PAI di SMA N se-kabupaten Sleman, (3) mendeskripsikan perbedaan pengetahuan dan pelaksanaan KTSP oleh guru PAI di SMA N Andalan dan Non Andalan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model Stake. Subjek penelitian adalah semua guru PAI di SMA N se-kabupaten Sleman yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 11 orang guru PAI di SMA N Andalan dan 21 orang guru PAI di SMA N Non Andalan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan meliputi tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Skor hasil tes dan angket distandarkan ke dalam skala 1 – 100, dijumlahkan, dirata-rata, dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata skor skala pengetahuan KTSP guru PAI secara keseluruhan = 36,89, sedang secara terpisah rata-rata skor skala pengetahuan KTSP guru PAI di SMA N Andalan = 30,16 dan pada guru PAI di SMA N Non Andalan = 40,42; (2) Rata-rata skor skala pelaksanaan KTSP guru PAI secara keseluruhan = 73,19, sedang secara terpisah rata-rata skor skala pelaksanaan KTSP guru PAI di SMA N Andalan = 70,39 dan guru PAI di SMA N Non Andalan = 74,65, (3) Terdapat perbedaan rata-rata skor skala pengetahuan dan pelaksanaan KTSP antara guru PAI di SMA N Andalan dan guru PAI di SMA N Non Andalan. Rata-rata skor skala guru PAI di SMA N Non Andalan lebih baik daripada guru PAI di SMA N Andalan (pengetahuan dan pelaksanaan KTSP). Pada pengetahuan KTSP, selain berbeda rata-rata skor skala, juga berbeda pada kriteria sementara pada rata-rata skor skala pelaksanaan berbeda tetapi masih pada kriteria yang sama.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, pendidikan agama Islam |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 06:08 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45168 |
Actions (login required)
View Item |