Komparasi Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV antara Penggunaan Media Lingkungan Sekitar dan Media Cetak di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta

Purwaningtyas, Astri Sih (2010) Komparasi Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV antara Penggunaan Media Lingkungan Sekitar dan Media Cetak di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-astri-sih-purwaningtyas-08705251011.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan media lingkungan sekitar lebih tinggi daripada hasil belajar IPS dengan media cetak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat hasil belajar IPS dan variabel bebasnya adalah media lingkungan sekitar dan media cetak. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 50 siswa kelas IV yaitu 33 siswa di SD Muhammadiyah Demangan dan 17 siswa di SD Muhammadiyah Kolombo. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar, yang divalidasi dengan korelasi skor butir-total dan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach’s. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang sangat significant antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal itu ditunjukkan oleh hasil perhitungan t hitung sebesar 2,273 sedangkan t tabel sebesar 1,68 pada df (degree of freedom) 48. Jika t hitung > t tabel maka H0 ditolak berarti ada perbedaan sangat signifikan antara pembelajaran IPS dengan media lingkungan sekitar dan media cetak. Jadi, penggunaan media lingkungan sekitar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, media lingkungan sekitar, media cetak
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 27 Dec 2016 04:24
Last Modified: 27 Dec 2016 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45159

Actions (login required)

View Item View Item