LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PEMBELAJARAN LAPANGAN

Nuraeni, Nuraeni (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PEMBELAJARAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oleh : Tim PPL Kelompok Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan , Kabupaten Sleman, DIY Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu sarana untuk memperoleh pengalaman belajar dan bekal bagi mahasiswa untuk menjadi calon pendidik maupun tenaga kependidikan, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan jurusan yang lulusannya diharapkan memiliki kompetensi mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program. Hal tersebut asangat relevan dengan kerja-kerja pada lembaga BBPPKS, seperti program setting lembaga dan setting masyarakat yang ada pada bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial dan juga program pada bidang penyelenggaraaan diklat. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di instalasi laboratorium pekerja sosia, maka mahasiswa melakukan beberapa kegiatan yakni, Family Development Session (FDS), Perlindungan Anak melalui Nonton Film Bareng, Bimbingan Teknis Karang Taruna. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa bertindak melakukan Training Need Assesment (TNA), mendesain dan mengelola kegiatan, serta menjadi fasilitator, Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat mahasiswa dilibatkan dalam tiga bagian penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Dengan demikian, dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2016 05:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45154

Actions (login required)

View Item View Item