KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK REFLEKTIF DENGAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS XI SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL

Astrilinda Purnomo, Christina (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK REFLEKTIF DENGAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS XI SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
CHRISTINA ASTRILINDA PURNOMO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis cerpen antara siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon Bantul yang mengikuti dan yang tidak mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan teknik reflektif dengan media film pendek dan untuk membuktikan keefektifan penggunaan teknik reflektif dengan media film pendek dalam peningkatan pembelajaran menulis cerpen Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon, Bantul yang terdiri dari 6 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas Multi Media 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas Kriya Tekstil 1 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok kontrol terdiri dari 23 siswa dan kelompok eksperimen terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretes dan postes menulis cerpen, sedangkan instrumen penelitian ini adalah soal tes esai. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgment. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa kelas XI SMKNegeri 2 Sewon, Bantul yang menggunakan dan yang tidak menggunakan teknik reflektif dengan media film pendek. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga dinyatakan signifikan. Kedua, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa teknik reflektif dengan media film pendek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon, Bantul. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pada selisih skor pretes ke postes serta selisih rata-rata hitung kemampuan menulis cerpen kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) sehingga signifikan. Selain itu, selisih pemerolehan rata- rata hitung pada kelompok eksperimen pada saat pretes dan postes lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil selisih rata-rata hitung pada kelompok eksperimen adalah sebesar 1,33 sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 0,14.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45150

Actions (login required)

View Item View Item