Putra, Rydlo Ega and Marsigit, Marsigit (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB 1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (198kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN A.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN B.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN D.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN C.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN F.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS pada materi lingkaran dengan pendekatan Scientific berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk peserta didik SMP kelas VIII, dan kualitasnya yang ditinjau dari tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan pendekatan Scientific berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran. Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan terdiri dari tiga fase, yaitu: orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik, dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penilaian perangkat pembelajaran dilakukan oleh dua dosen pendidikan matematika dan guru matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan memenuhi kriteria minimal baik. Penilaian perangkat pembelajaran ini menggunakan instrumen lembar penilaian dengan skala likert 1-5. Penilaian RPP oleh satu dosen ahli materi dan satu guru matematika mendapatkan skor rata-rata 4,10, sedangkan penilaian LKS oleh dua dosen yaitu dosen ahli materi dan ahli media serta satu guru matematika mendapatkan skor rata-rata 4,06. Dari hasil analisis data angket respon guru dan peserta didik menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan praktis dengan nilai rata-rata total 4,08 yang diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar penilaian skala likert 1-5. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menujukkan klasifikasi baik dengan presentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89%. Hasil penilaian ketiga kompetensi peserta didik menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan sangat efektif karena memenuhi klasifikasi ketuntasan klasikal mencapai 85,71 %. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, lingkaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 03:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |