PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF DAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI BUKU DIGITAL MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH

Andi, Mulyadinata (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF DAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI BUKU DIGITAL MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, FT UNY.

[img]
Preview
Text
Andi Mulyadinata_12501244025.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui model pengembangan multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif pada kompetensi buku digital mata pelajaran simulasi digital kelas X, (2) mengetahui fungsionalitas multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif, (3) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif oleh ahli dan respon penilaian pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan mengadopsi pengembangan multimedia ADDIE yang terdiri atas: (1) analisis (analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan dan implementasi (development and implementation), (4) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran komunikatif dan interaktif pada kompetensi buku digital mata pelajaran simulasi digital dengan mengadopsi model ADDIE, (2) uji fungsionalitas multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif pada kompetensi buku digital mata pelajaran simulasi digital meliputi penyajian materi, kemudahan navigasi, link dan video pembelajaran, (3) kelayakan oleh ahli media diketahui prosentase sebesar 87% dengan kategori “sangat layak”, kelayakan oleh ahli materi diketahui prosentase sebesar 90% dengan kategori “sangat layak”, respon penilaian siswa uji coba kelompok kecil diketahui prosentase sebesar 83% dengan kategori “sangat baik”, sedangkan respon penilaian siswa uji coba kelompok besar terhadap multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif pada kompetensi buku digital mata pelajaran simulasi digital diketahui bahwa pada uji coba kelompok besar 87% siswa menyatakan produk multimedia pembelajaran dalam kategori “sangat baik” dan 13% siswa menyatakan produk dalam kategori “baik”. Kata Kunci: Multimedia pembelajaran komunikatif dan interaktif, ADDIE, kompetensi buku digital, simulasi digital

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45132

Actions (login required)

View Item View Item