LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA

Palupi Kusuma Dewi, Palupi Kusuma Dewi (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu sarana untuk memperoleh pengalaman belajar dan bekal bagi mahasiswa untuk menjadi calon pendidik maupun tenaga kependidikan. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan jurusan yang lulusannya diharapkan memiliki kompetensi mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program. Hal tersebut sangat relevan dengan tugas dan fungsi dari lembaga BBPPKS, khususnya pada bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial seperti program setting lembaga dan setting masyarakat dan juga program pada bidang penyelenggaraaan diklat. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di Balai Besar Pendidikan dan Pelaihan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta pada Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial , maka mahasiswa melakukan beberapa kegiatan yakni, Family Development Session (FDS), Perlindungan Anak melalui Nonton Film Bareng, Bimbingan Teknis Karang Taruna. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa bertindak melakukan Training Need Assesment (TNA), mendesain dan mengelola kegiatan, serta menjadi fasilitator. Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat, mahasiswa dilibatkan dalam tiga bagian penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Dengan demikian dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS, mahasiswa dapat mengetahui lebih mendalam mengenai dunia kerja Pendidikan Luar Sekolah. Mahasiswa mendapatkan pengalaman yang belum pernah ditemui sebelumnya yang dapat menjadi bekal untuk menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang menginspirasi. Mahasiswa semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Dec 2016 23:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45118

Actions (login required)

View Item View Item