LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA

Riski Kurniawati, Riski Kurniawati (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) REGIONAL III YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah jurusan yang menghasilkan tenaga akademis yang dituntut mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program. Oleh karena itu, salah satu kegiatan PPL PLS relevan dengan program yang ada di BBPKS. Seperti program setting lembaga dan setting masyarakat yang ada di bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial. Selain itu, adanya program di bidang penyelenggara diklat yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa PLS. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial,maka mahasiswa melakukanbeberapa kegiatan yakni, Family Development Session (FDS), Perlindungan Anak melalui Nonton Film Bareng, Bimbingan Teknis Karang Taruna. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa bertindak melakukan Training Need Assesment (TNA), mendesain dan mengelola kegiatan, serta menjadi fasilitator. Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat, mahasiswa dilibatkan dalam tiga bagian penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Dengan demikian dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS, mahasiswa dapat mengetahui lebih mendalam mengenai dunia kerja Pendidikan Luar Sekolah. Mahasiswa mendapatkan pengalaman yang belum pernah ditemui sebelumnya yang dapat menjadi bekal untuk menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang menginspirasi. Mahasiswa semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Dec 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45115

Actions (login required)

View Item View Item