Keefektifan Media Audiovisual dan Media Kartu Konsep Bergambar dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri Selong Lombok Timur

Riswanto, Agus (2010) Keefektifan Media Audiovisual dan Media Kartu Konsep Bergambar dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri Selong Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus-riswanto-08705251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan media audiovisual dibandingkan dengan media kartu konsep bergambar ; (2) keefektifan media audiovisual dan kartu konsep bergambar pada kelompok siswa dengan minat tinggi ; (3) keefektifan media audiovisual dan kartu konsep bergambar pada kelompok siswa dengan minat rendah; dan (4) interaksi antara media pembelajaran dan minat baca terhadap pengaruh hasil belajar IPS. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah SMP yang sedang mengajukan RSSN di Selong Lombok Timur dan sampelnya pada SMP N 2 Selong dan SMP N 3 Selong. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage sampling. Dalam penelitian ini, variabel bebas adalah media pembelajaran yang terdiri dari 2 kategori, yakni; media audiovisual ,dan media kartu konsep bergambar. Variabel terikat adalah skor hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Validasi instrumen dilakukan dengan Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov- Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Data diolah menggunakan analisis two-way anova satu pihak pada taraf signifikansi 0,05. Hasil eksperimen dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan media audiovisual dan media kartu konsep bergambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Media audiovisual lebih efektif bila dibandingkan dengan media kartu konsep bergambar dengan perbedaan signifikansi F hitung 38,761 > F tabel = 4,027; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan media audiovisual dan media kartu konsep bergambar pada kelompok minat tinggi dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Media audiovisual lebih efektif bila dibandingkan dengan media kartu konsep bergambar pada kelompok minat tinggi dengan perbedaan signifikansi F hitung 16,29 > F tabel = 4,027; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan media audiovisual dan kartu konsep bergambar pada kelompok minat rendah dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Media audiovisual lebih efektif bila dibandingkan dengan media kartu konsep bergambar pada kelompok minat rendah dengan perbedaan signifikansi F hitung 22,73 > F tabel = 4,027; (4) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat baca dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Hasil analisis anova dua jalur menyimpulkan bahwa skor F hitung 0,268 < F tabel = 4.027 sehingga dinyatakan tidak terdapat interaksi keduanya. Namun demikian secara umum media audiovisual lebih efektif bila dibandingkan dengan media kartu konsep bergambar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media audiovisual, media kartu konsep bergambar, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2016 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45114

Actions (login required)

View Item View Item