LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

BRIAN PRADANA PUTRA, BRIAN PRADANA PUTRA (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
15504247004_Brian Pradana Putra_Laporan PPL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang harus di jalankan mahasiswa prograam studi kependidikan baik disekoh maupun lembaga yang berwenang. Pengalaman PPL dilaksanakan untuk mengembangkan potensi mahasiswa dalam hal mengajar karena nantinya mereka akan menjadi calon pendidik. Sesuai dengan visi dari PPL yaitu wahana pembentukan calon guru atau teneaga pendidik yang profesinal. PPL bertujuan untuk memberikan pengelaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri dan menerapkan kemampuannya sebelum masuk kedunia kependidikan yang sebenarnya. Saat PPL mahasiswa akan terlatih dan mengerti bagaimana proses guru dapat menyampaikan materi di dalam kelas, bagaimanan mengendalikan kelas secara langsung dimana yang diajarkan adalah calon penerus bangsa ini. Dari bekal ilmu yang didapat di bangku perkuliahan juga diharapkan bisa menyumbungkan sesuatu yang berharga pada lembaga atau sekolah yang dijadikan tempat praktik sesuai dengan bidang yang di tekuni masing-masing. Sebelum melaksanakan PPL ada serangkaian kegiatan pra PPL yang dilaksanakan dari mulai pembekalan, micro tracing, dan penyeerahan mahasiswa ke sekolah untuk observasi agar mahasiswa siap melaksanakan PPL. PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Cangkringan tanggal 15 juli-15 september 2016 denga mengampu mata pelajaran Pengerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Pelaksanaan mengajar dimulai dari persiapan,yaitu: konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing,pemahaman silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),pembuatan system penilaian,pembuatan media, dan persiapan bahan mengajar. Setelah itu praktik mengajar di kelas, dimana mengajar berpedoman dengan RPP yang sudah disusun. Kegiatan apresepsi, motivasi, pemuat dan pengelolaan kelas adalah hal yang harus dikuasai agar kelas tetap konduktif. Pembelajaran pada kelas inti dilakukan di kelas X TKR 1 dan X TKR 2 untuk mata pelajaran PDTO dengan total 14 kali pertemuan selama 3 jam pelajaran per pertemuan. Hasil yang ditemukan dari kegiatan PPL adalah pengalaman secara nyata baik dari pengalaman mengajar serta pengalaman menyusun adminitrasi pendidikan. Selama mengajar siswa menerima pembelajaran yang baik, dan mereka juga senang karena ada suasana baru, apalagi jika pembelajarannya menggunakan media seperti presentasi power point dengan tambahan gambar dan video animasi yang membuat siswa aktif selama kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalahproses berfikir ilmiah(saintifik), model pembelajaran yang digunakan adalah peer teaching sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah praktik, diskusi kelompok dan penugasan praktik. Secara keseluruhan program PPL terlaksana dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan. Harapannya adalah dengan adanya PPL mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga menjadi calon tenaga pendidik yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, PDTO, RPP
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 23 Dec 2016 05:38
Last Modified: 23 Dec 2016 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45106

Actions (login required)

View Item View Item