LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016/2017 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN

ACHMAD MUCHLISIN, ACHMAD MUCHLISIN (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016/2017 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13504241016_Achmad Muchlisin_Laporan PPL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal.Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompeten sisosial, pedagogik, professional dan kepribadian Secara umum, tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, praktik mengajar, dan penarikan.Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Pelaksanaan program di isi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru(perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SK-KI-KD, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas XI TKR 1, 2, dengan total jam pertemuan dikelas adalah 48 jam. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa.Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan output yang handal. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu sarana bagi mahasiswa UNY untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masing-masing dalam hal ini kosentrasi praktikan adalah Pendidikan Teknik Otomotif. Dengan terjun ke lapangan maka kita akan berhadapan langsung dengan masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah baik itu mengenai manajemen sekolah maupun manajeman pendidikan dan dapatdigunakan sebagai salah satu bekal mahasiswa sebagai pengajar dan pendidik yang sebenarnya setelah lulus. Keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama (guru, murid, orang tua dan perangkat sekolah) ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung. Sebagian besar kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 1 cangkringan telah berjalan lancer sesuai rencana meskipun ada beberapa yang tidak sesuai rencana karena ada suatu hal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMK Negeri 1 Cangkringan, TKR
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 23 Dec 2016 04:13
Last Modified: 23 Dec 2016 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45102

Actions (login required)

View Item View Item