LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 MLATI

JIHAN ULYA MULYANI, JIHAN ULYA MULYANI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jihan Ulya Mulyani_13301244015_P.Matematika.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Mlati telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 15 mahasiswa diantaranya dari program pendidikan Matematika, pendidikan Ilmu dan Pengetahuan Alam, pendidikan Jasmani dan Kebugaran Rohani, pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pendidikan Bahasa Daerah, pendidikan Seni Kerajinan, dan program Bimbingan dan Konseling. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII D. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 18 kali mengajar secara terencana dan 1 kali mengajar tanpa terencana di kelas VIII B. Materi yang diajarkan pada kelas VIII A yaitu KD 1.1 Operasi Aljabar dan KD 1.2 Faktorisasi Aljabar. Sedangkan materi yang diajarkan pada kelas VIII D yaitu KD 1.3 Memahami Relasi dan Fungsi, dan KD 1.4 Menghitung nilai fungsi. Pada KD 1.1 diadakan posttest, UH dan selanjutnya diadakan remidial dan pengayaan. Pada KD 1.2 hanya dilakukan UH. Pada Bab Fungsi di kelas VIII D dilaksanakan UH. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan hambatan dan / mencarikan solusi dari semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut dapat terlaksana. Hambatan yang muncul seperti adanya siswa yang masih kesulitan memahami materi, kurangnya waktu yang tersedia untuk mendalami materi, dan kesulitan praktikan dalam pengkondisian kelas dan mengatur kefokusan siswa selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Dec 2016 03:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45101

Actions (login required)

View Item View Item