PELAKSANAAN PROGRAM READING GROUP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2B SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA

Savitri, Rosma (2016) PELAKSANAAN PROGRAM READING GROUP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2B SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rosma Savitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program reading group dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 2B SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan atau subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, wali kelas 2B serta satu kelas 2B yang berisi 26 siswa sebagai kelompok yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara serta pedoman observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program reading group di kelas 2B dilaksanakan dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Pelaksananan hari pertama dan kedua saling berkesinambungan, sedangkan pelaksanaan hari ketiga memiliki kegiatan yang berbeda. Pada tahap persiapan, guru berperan mempersiapkan pelaksanaan program yang meliputi perencanaan kegiatan, sarana dan prasarana, serta pengarahan terhadap siswa. Pada pelaksanaan program hari pertama dan kedua siswa dikelompokkan dan diberi tugas membaca, sedangkan pada pelaksanaan hari ketiga siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru. Metode pembelajaran membaca permulaan yang digunakan dalam pelaksanaan program reading group pada siswa kelas 2B adalah metode SAS periode kedua yaitu periode menggunakan buku. Pengawasan dan pendampingan guru pada tahap pelaksanaan program lebih difokuskan kepada kelompok siswa yang masih belum lancar membaca. Kata kunci : program reading group, pembelajaran membaca permulaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45093

Actions (login required)

View Item View Item