LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING NAMA LOKASI : SMP NEGERI 5 DEPOK ALAMAT : JALAN WELING KARANGGAYAM, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN 15 JULI – 15 SEPTEMBER

Lia Nikmah Kurniawati, Lia Nikmah Kurniawati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING NAMA LOKASI : SMP NEGERI 5 DEPOK ALAMAT : JALAN WELING KARANGGAYAM, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN 15 JULI – 15 SEPTEMBER. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lia Nikmah Kurniawati 13104241021 BK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. PPL dilaksanakan di SMP Negeri 5 Depok yang berloksi di Jalan Weling, Karanggayam, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Program yang dilaksanakan antara lain layanan bimbingan klasikal yang sudah dilaksanakan sebanyak 8 materi yang meliputi bidang pribadi, sosial, belajar dan karir. Layanan informasi berupa leaflet mengenai perkembangan psikologi remaja dan video – video motivasi. Konseling individual yang sudah dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan 2 konseli dan konseling kelompok sebanyak 2 kali. Bimbingan kelompok sudah terlaksana sebanyak 1 kali pertemuan dengan materi perkembangan diri. Praktikan juga telah melaksanakan layanan orientasi, kegiatan aplikasi instrumen MLM dan administrasi BK. Praktikan dituntut untuk dapat terampil dan kreatif dalam memberikan layanan bimbingan kepada peserta didik.Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Praktikan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa melalui praktik pengalaman lapangan di SMP N 5 Depok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Dec 2016 01:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45080

Actions (login required)

View Item View Item