Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

DESI SETYANINGRUM, DESI SETYANINGRUM (2016) Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desi Setyaningrum 13201244001 BHS INDO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan. UNY telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) secara terpadu. Program PPL bertujuan untuk membentuk dan meningkatkan kemampuan profesional calon guru. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 5 Depok yang terletak di Kabupaten Sleman. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan lainnya di sekolah yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Adapun Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 22 juli 2016 sampai 7 September 2016. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII C dan VII D. Hasil dari pelaksanaan PPL selama dua bulan di SMP Negeri 5 Depok yang dapat diambil berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Penyusun menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan UPPL-UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, mengajar, PPL, praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Dec 2016 01:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45076

Actions (login required)

View Item View Item